Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Kok enggak nyebutin sayuran pa? Dari yang pernah saya baca, sayuran sangat
baik untuk ibu hamil, berhubung saya orang sunda, jadi yang namanya sayuran
apa aja masuk :-). Kalo ikan salmon dan minyak ikan mungkin manfaat DHA nya
yang diambil, kalau tidak salah DHA itu berasal dari minyak ikan perairan
dalam - cmiiw. Kalo jeruk, dari yang pernah saya baca juga, untuk memenuhi
kebutuhan vitamin C cukup dari 1 jeruk sehari, tidak perlu ditambah dengan
tablet2 vit C.
Waktu saya hamil dulu, saya juga banyak minum air rebusan kacang hijau
(tidak sampai pecah) terutama sebulan terakhir kehamilan, katanya biar
rambut bayi tebal, dan ternyata memang rambut baby saya tebal sekali. Nggak
tau deh ada hubungannya atau enggak.

Sebenarnya selama hamil saya nggak ada pantangan makan pa, bahkan yang pedas
dan asam pun saya makan sampai saya melahirkan (yang ini jelek, mudah2an
istri bapak tidak). Suami saya nggak bisa ngelarang, abis kalo dilarang
sayanya ngambek :-(. Tapi Alhamdulillah selama hamil saya sehat2 aja. Saya
juga tdk terlalu menjadwal makanan, paling minum susu untuk ibu hamil 2X
sehari dan telur rebus setiap pagi pada kehamilan 2 bulan terakhir karena
kata dokter baby saya terlalu kecil (apa karena makan apa aja itu tadi ya?
mmm... ). Tapi ternyata saat lahir malah besar 3.9 kg. Alhamdulillah sampai
sekarang Faiz udah 4 bulan sehat2 aja, banyak ketawa dan banyak main.

Semoga istri bapak sehat2 aja sampai saatnya nanti melahirkan.
Maaf tidak banyak membantu.

-----------------------------


rgds,
»»  READMORE...

Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Anak

Iihhh ga mau…sayurnya ngga enak bu!”, “Ngga, aku ngga haus..aku ngga mau minum banyak, nanti kembung!”,”Buuu…aku dibeliin hamburger aja ya buat makan malam…!”, “Igittt…aku ga mau minum susu, enek dan ngga enak!” serta sejenis kalimat penolakan pasti moms pernah temui dari sang buah hati. Saat sarapan hingga makan malam biasanya akan menjadi ajang diskusi panjang yang kadang diselipi dengan ceramah dan omelan bila yang ditemui adalah si kecil yang melakukan aksi tutup mulut terhadap sayur, buah dan makanan bergizi lainnya.

Moms tak perlu stres berkepanjangan. Silakan menelusuri beberapa hal yang baik untuk diketahui berkaitan dengan makanan sehat dan bergizi untuk si buah hati moms di rumah. Semoga dapat sedikit menjawab beberapa pertanyaan moms tentang tema tersebut. Selamat membaca ya mommies!.

Apa sih artinya anak saya sudah mendapatkan makanan bergizi?

Si kecil dikatakan telah memperoleh makanan bergizi bila kebutuhan zat zat gizi yang diperlukan dapat terpenuhi oleh makanan yang dikonsumsi. Silakan mommies lihat beberapa acuan kebutuhan zat gizi dari Departemen Kesehatan ataupun lembaga lembaga terkait lainnya.

Mengingat kandungan zat gizi dalam bahan makanan amat bervariasi, jalan satu satunya untuk meyakinkan bahwa kebutuhan zat gizi si kecil terpenuhi adalah dengan melakukan pengkombinasian yang tepat dalam memadukan bahan makanan. Rekomendasi yang cukup mudah diingat adalah: konsumsi sebanyak mungkin bahan makanan nabati dan minuman, gunakan secukupnya bahan makanan hewani, kurangi konsumsi bahan makanan bergula dan berlemak tinggi!.

Perlu tidak anak saya punya lima kali waktu makan?

Sebaiknya ya. Porsi makanan dalam jumlah kecil yang disebar dalam lima kali waktu makan akan membuat fungsi pencernaan makanan yang ada di tubuhnya tak terlalu terbebani. Selain itu, tubuh juga akan disupplai oleh zat-zat gizi dan energi di sepanjang hari. Terlebih bila si kecil tak terlalu menyukai buah atau sayuran. Lima kali waktu makan akan memungkinkan si kecil mengkonsumsi dua jenis bahan makanan tersebut dengan jumlah sedikit per satu kali waktu makan. Lebih mudah bukan?.

Saat makan, boleh tidak sih minum?

Tentu boleh. Memang seringkali kita mendengar banyak nasehat yang menganjurkan agar saat makan tidak diiringi dengan minum. Sebenarnya tidak ada alasan yang jelas dan masuk akal atas pelarangan minum saat makan. satu fakta yang ada: banyak anak yang mengkonsumsi cairan amat sedikit dibandingkan kebutuhan tubuhnya!. Karenanya siapkan minuman yang berkalori rendah atau bahkan tanpa kalori saat si kecil melahap makanannya.

Adakah bahan makanan yang tabu dikonsumsi oleh si batita?

Sebaiknya moms berhati berhati dengan bahan makanan yang bentuknya keras dan kecil seperti kacang kacangan. Hindari pula memberikan daging berlemak, sosis dengan kandungan lemak tinggi ataupun goreng gorengan.Bahan-bahan makanan tersebut relatif memberatkan sistem pencernaan tubuh si kecil. Gunakan garam secukupnya atau bahkan bila mungkin, hindari penggunaannya, terlebih saat si kecil masih berusia di bawah satu tahun.

Makanan fast food itu memang membahayakan kesehatan ya?

Ya dan tidak. Semua itu tergantung dari seberapa sering kita mengkonsumsi, jenis fast food apa yang dilahap serta bagaimana proses pembuatannya. Sesekali menyantap fast food sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan berarti. Namun bila fast food dikonsumsi terus menerus, tentu tidak dianjurkan. Di bahan makanan berlabel fast food biasanya berkalori terlalu tinggi,kaya lemak serta minim akan bahan bahan berserat seperti buah buahan dan sayur-mayur. Mengkonsumsi terus menerus artinya menumpuk cikal bakal bom penyakit yang satu saat dapat meledak.

Adakah beberapa tips yang perlu diingat sebelum mengkonsumsi fast food?

Berikut beberapa tips bermanfaat yang perlu diingat sebelum moms mengizinkan sang buah hati mengkonsumsi fast food:

1. Perhatikan kandungan lemak: daging yang dibakar tentu memiliki kandungan lemak lebih rendah dibanding daging yang digoreng, terlebih dengan yang berbalut tepung panir.

2. Cari informasi kandungan nutrisi fast food melalui portal internet yang dimiliki oleh produsen.

3. Batasi pengkonsumsian kentang goreng dan burger dengan menyantap terlebih dahulu sayur sayuran dan buah buahan.

4. Hindari minuman dengan kandungan gula cukup tinggi (seperti cola dll). Ganti dengan air putih ataupun jus asli buah buahan tanpa penambahan gula. Akan lebih baik lagi bila jus asli tersebut dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1 sehingga kadar gula buahnya juga menurun.

Apakah bahan makanan yang diperuntukkan khusus buat anak anak lebih baik dari bahan makanan untuk konsumsi orang dewasa?

Tidak juga. Sebenarnya anak anak tidak membutuhkan bahan makanan tertentu untuk dirinya agar kebutuhan zat gizinya tercukupi. Bahkan kadang bila moms memperhatikan etiket produk yang diklaim khusus untuk anak anak, yang moms akan sering temui adalah produk dengan konsentrasi gula yang cukup tinggi. Yoghurt biasa dengan kandungan lemak 1,5% bahkan lebih rendah kandungan lemaknya dibandingkan beberapa produk yoghurt yang sedianya diperuntukkan untuk anak anak.

Anak saya hanya mau makan satu atau dua jenis sayur sayuran. Itu cukup tidak ya?

Hal tersebut sudah cukup baik untuk “start” memulai pola makan sehat. Sayur mayur banyak mengandung vitamin dan jenis zat-zat tertentu yang berfungsi melindungi tubuh dari beberapa penyakit, seperti penyakit jantung-peredaran darah. Karenanya para ahli menganjurkan agar sayuran dikonsumi minimal tiga kali dalam sehari.

Bila sang buah hati hanya ingin mengkonsumsi jenis sayuran yang terbatas, biarkan dahulu. Seiring dengan waktu, terus kenalkan sedikit demi sedikit jenis sayuran lainnya. Namun jangan pernah paksa mereka untuk memakannya, tetapi motivasikan mereka untuk berani mencoba.

Jus multivitamin ataupun tablet/sirup vitamin bukan merupakan alternatif yang tepat bagi anak yang tak menyukai sayur-mayur. Supplementasi tersebut hanya dapat memberikan asupan tambahan vitamin dan mineral namun tak dapat menyediakan serat serat yang juga dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan kegiatannya.

Apa yang harus saya lakukan ya agar si kecil mau menyantap sayur dan buah?

Berikut beberapa tips yang dapat mom lakukan untuk si “Ogah” makan sayur:

1. Jadikan diri moms sebagai contoh hidup. Konsumsi sayur mayur sesering mungkin saat makan bersama dengan sang buah hati. Tawarkan selalu pada mereka untuk mencobanya tanpa ada kesan memaksa. Tunjukkan pada mereka bahwa moms menikmati sayur mayur yang moms santap!.

2. Biasakan menjadikan sayur-mayur menjadi bagian dari menu yang ditawarkan di tiap kali waktu makan. Dengan demikian sang anak dapat menyimpulkan bahwa sayur mayur adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ritual makan yang biasa dilakukan di rumah.

3. Lebih baik segar dibandingan dimasak. Anak anak akan lebih mudah menyantap makanan yang dapat langsung dipegang oleh tangan dibanding bentuk sayuran yang telah berkuah ataupun ditumis.

4. Eksperimen memasak dengan sayuran. Sajikan sayuran dalam bentuk yang variatif: ditumis seperti masakan indonesia, dimasak cepat ala masakan cina, dikukus seperti pecel- urap, dibuat sup dengan krim ataupun sup yang sayurannya diblender halus.

5. Buat sayuran sebagai minuman. Perpaduan jus wortel dan jeruk, wortel dan apel, timun dan melon ataupun timun dan yogurt menjanjikan kombinasi rasa yang lezat.

Si kecil tidak mau minum susu. Apa yang harus dilakukan?

Paling baik bila si kecil mengkonsumsi jenis produk susu lainnya seperti yoghurt, keju, quark dll. Bila si kecil tidak begitu menyukai memakan produk turunan susu dalam bentuknya yang asli, campurkan mereka dengan bahan makanan lainnya: padukan yoghurt dengan buah buahan, balurkan keju di sayuran saat membakarnya di oven ataupun variasi lainnya. Tanpa pengkonsumsian susu ataupun produk susu lainnya, agak sulit tercapai jumlah kalsium yang dibutuhkan sang anak. Bila si kecil memiliki alergi terhadap susu dan produk susu lainnya, segera konsultasi dengan dokter untuk mencari alternatif lainnya.

Anak saya tidak menyukai daging dagingan. Boleh tidak si kecil mengkonsumsi makanan ala vegetarian?

Sebenarnya silakan saja bila akan memilih pola makan ala vegetarian asalkan sang anak cukup mengkonsumsi susu, produk susu lainnya, telur dan (bila memungkinkan) ikan. Selain itu harus diyakinkan bahwa sang anak menyantap sayur dan buah dalam jumlah yang cukup. Namun tentu di beberapa hal, fungsi daging dagingan sulit tertandingi. Sebagai contoh, kandungan mikronutrisi yang cukup banyak di hati tentu sulit digantikan oleh variasi bahan makanan berbasis tumbuh tumbuhan. Karenanya, silakan memutuskan dengan bijak ya moms.(@DaI)

Sumber: DGE (Deutsche Gesellschaft fuer Ernaehrung), AOK Familienprogramm dan berbagai sumber lainnya.
Foto: corbis.com
http://wrm-indonesia.org

»»  READMORE...

Makanan Sehat Ibu Hamil dan Info Makanan Bergizi

Jika ibu hamil pertama kali, pasti ada rasa takut dan khawatir tentang keadaan janin yang dikandung. Apalagi orangtua, saudara dan teman-teman selalu mengingatkan untuk tidak makan ini dan itu.

Pasti ibu bingung dan ingin tahu,sebenarnya makanan apa yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan selama kehamilan.

Ibu hamil rata-rata memerlukan +- 2200 kalori (9500kJ) dalam sehari, jadi supaya ibu dan janin sehat, ibu bisa berpedoman pada 3 hal dibawah ini:

1.Makanan Harus Matang/Dimasak

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan yang sudah matang, terutama telur jangan dimakan setengah matang, karena dikhawatirkan mengandung bakteri salmonela yang bisa membahayakan janin. Makanan mentah seperti lalapan, sushi, steak setengah matang lebih baik dihindari.

Hindari juga keju lembek, susu yang tidak disterilkan atau pasta karena dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran.

2. Minum Susu Hamil

Susu sangat baik bagi ibu hamil,karena mengandung kalsium. Ibu juga bisa memilih susu hamil yang mengandung asam folat dan vitamin lainnya.

3 Makan Sayuran Dan Buah

Sayuran berdaun hijau seperti selada, buncis sangat baik bagi ibu hamil. Ibu juga bisa makan kentang, ubi, labu kuning dan kacang-kacangan.

Untuk buah juga sangat penting, seperti buah apel, jeruk, anggur, tomat yang harus dicuci bersih dahulu sebelum dimakan.

Semoga ibu tetap sehat selama menjalani kehamilan dan lancar sampai nanti melahirkan.

»»  READMORE...

Makanan Harus Di Hindari Selama Kehamilan

Banyak pertanyaan dikalangan ibu hamil tentang makanan apa saja yang boleh dan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan, dan kenapa?.....

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella,toksoplasmosis,listeria, E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan anda.

• Jangan makan daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

• Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

• Jangan makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

• Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA rekomendasi ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons perminggu

• Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

• Jangan minum yang mengandung alcohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.

• Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh sebaiknya di hindari atau dibatasi karena kopi dapat memperngaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda makan selama kehamilan.

© Dr.Suririnah-www.infoibu.com
»»  READMORE...

Makan Yang Sehat Selama Kehamilan untuk Ibu Hamil

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan---dengan melakukan cara dan diet makan yang sehat, tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan anda.

Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan cara makan anda selama kehamilan ini. Untuk itu perlunya kita mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan ini.

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan:

• RUBAHLAH CARA MAKAN ANDA--- MESKIPUN ANDA SUDAH MAKAN DENGAN BAIK.
• HINDARI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN IBU DAN JANIN
• JANGAN DIET SELAMA KEHAMILAN
• MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING
• MINUM VITAMIN IBU HAMIL SECARA TERATUR
• MINUM AIR YANG CUKUP
• MAKANAN BERSERAT, BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN


RUBAHLAH CARA MAKAN ANDA, MESKIPUN ANDA SUDAH MAKAN DENGAN BAIK.
Anda sekarang sedang hamil maka diet makanan anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga. Ingat anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.

HINDARI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN IBU DAN JANIN
Daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.

(Baca juga: Makanan Apa Yang Harus Di Hindari Selama Kehamilan? )

JANGAN DIET SELAMA KEHAMILAN
Kehamilan bukan masa yang tepat untuk Diet anda hanya akan membahayakan ibu dan bayi. Diet selama hamil akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya secara bertahap, umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.

MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING
Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah(morning sickness), cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak.
Makan dengan porsi yang kecil tapi dilakukan beberapa kali dianjurkan setiap 4 jam. Ingatlah meskipun anda tidak lapar tetapi bayi anda membutuhkan makanan/nutrisi secara teratur.

MINUM VITAMIN IBU HAMIL SECARA TERATUR
Makanan yang anda makan adalah sumber vitamin yang paling baik—tetapi apakah anda yakin diet makanan anda cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, yang terutama zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat. Untuk itu anda sebaiknya meminum vitamin anda secara teratur.

MINUM AIR YANG CUKUP
8 gelas sehari. Karena anda butuh cairan yang cukup bagi anda dan juga bayi anda. 33 % pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.

MAKANAN BERSERAT, BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN
Perbanyaklah makan makanan yang berserat tinggi , buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi anda selama kehamilan.


Dengan melakukan cara makan yang sehat, bukan hanya membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga membantu perkembangan yang sehat bagi bayi anda

Ingatlah perkembangan bayi anda sangat tergantung dari apa yang anda berikan dan lakukan baginya.

Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk melakukan cara dan diet makan yang lebih baik yang berguna untuk kesehatan ibu juga bayi selama kehamilan.

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com
»»  READMORE...

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Mendapat kehamilan merupakan anugerah yang tak terkira dari Maha Kuasa. Gambaran buah hati yang lucu segera akan terwujud, serasa lengkap sebuah keluarga dengan kehadiran buah hati. Namun, bukan hanya bayangan kebahagiaan saja, menjalani kehamilan yang sehat merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh para ibu hamil. Kehamilan membutuhkan kewaspadaan dan penjagaan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu diperlukan kiat-kiat untuk menjaga agar kehamilan yang sedang dijalani tetap berlangsung sehat. Berikut tips-tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil pada saat kehamilan trimester pertama

  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana caranya menjalani kehamilan yang sehat baik melalui buku, media kabar, televisi, internet, dll.
  • Mulailah dan segera membiasakan diri mengenakan baju-baju yang longgar, meskipun perut belum kelihatan membesar.
  • Pada trimester pertama, ibu hamil sering mengalami mual dan muntah yang salah satunya dapat menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu perbanyaklah ibu hamil minum air putih atau jus buah di luar jadwal makan.
  • Makanlah jenis makanan yang mudah dicerna seperti nasi, jagung, kentang, ubi, dll
  • Hindarkan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau berminyak seperti hidangan bersantan, gorengan atau daging berlemak.
  • Hindari aneka macam bau-bauan yang menyengat atau tidak disukai, hal ini untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa mual dan muntah.
  • Biasakan menyikat gigi setelah ibu hamil makan atau setelah mengalami muntah.
  • Untuk menghindarkan rasa mual dan pusing lainnya, usahakan secara perlahan-lahan ketika ibu hamil hendak bangun dari tidur atau berbaring, jangan dilakukan secara sekaligus dan spontan
  • Ada baiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil namun sering, hal ini juga untuk menghindarkan ibu hamil mengalami mual dan muntah
  • Sediakanlah selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah di dekat kamar tidur, hal ini dilakukan agar stelah makan makanan tersebut, ibu hamil terhindar dari rasa mual dan muntah pada saat akan beraktivitas. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan.
  • Bergabunglah atau carilah teman yang juga sedang mengalami kehamilan, atau bergabung di komunitas-komunitas ibu hamil seperti di Bidanku.com Community, agar dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman.
  • Makanlah cemilan di pagi hari sebelum bangkit dari tempat tidur.
  • Minumlah susu hangat bila ibu hamil mengalami insomnia atau kesulitan tidur.
  • Bila ibu hamil mengalami sembelit, minumlah air putih minimal 12 gelas sehari.
  • Jika ibu hamil merasa sakit di bagian bawah perut dan terlihat adanya flek darah, khususnya setelah kehamilan usia > 4 minggu, segera hubungi dokte
»»  READMORE...

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sedang Hamil Muda

Bagi ibu yang sedang mengandung, sangat perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Ingatlah bahwa ada kehidupan lain didalam tubuh anda yang sangat membutuhkan perhatian dari anda.Janin kecil yang sedang tumbuh, dengan izin Allah Ta'ala didalam rahim ukhti akan berkembang sedikit demi sedikit membesar kemudian bertambah besar.Nah, bila anda sangat menginginkan janin anda sehat dan kuat nantinya tentu perlu dilakukan usaha (ikhtiar) kesana dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.Tentunya tak lepas dari do'a kepada Allah azza wajalla agar di karuniakan janin yang sehat maka beberapa pengetahuan disini tentang apa saja yang harus ukhti makan sangat perlu untuk diketahui, semoga bermanfaat, insya Allah.

Makanan yang ukhti makan sedapat mungkin (diusahakan) harus mengandung kalsium, protein, vitaminC, serat, karbohidrat, vitamin A, asam folik, dan zat besi. Sebaiknya makanlah beberapa makanan ini setiap hari.

Sumber makanan yang kaya akan kalsium seperti:

-Susu rendah lemak (skim milk) usahakan meminum susu rendah lemak ini selain kadar kasliumnya yang agak tinggi, insya Allah tidak akan membuat ukhti gemuk karena kadar lemaknya yang rendah dibandingkan dengan susu biasa.

-Ikan sardin dan keju baik keju tua maupun muda

sumber makanan diatas akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin ukhti, dan ukhti akan membutuhkan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Bila ukhti kekurangan kalsium maka sang bayi akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tubuh ukhti, bila hal ini tidak ukhti perhatikan maka akan menyebabkan osteoroposis atau keropos tulang diusia muda, dan hal ini banyak diderita oleh para wanita yang pada waktu hamil mengabaikan konsumsi kalsium.

Sumber makanan yang kaya akan protein:

- keju, susu, yogurt, daging berwarna merah (yang tidak berlemak),dan ikan.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin C:

-Cabai merah besar (paprika), strawbery dan jeruk. Sumber makanan ini akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi.

Serat dan karbohidrat:

- sayuran kaya akan serat, begitu pula biji-bijian selain kaya akan karbohidrat juga kaya akan serat seperti gandum, beras merah, kedelai, kacang merah, kacang panjang , lentil dan kacang polong. Makanan berserat ini akan mencegah munculnya sembelit (susah buang air besar) keluhan umum yang diderita ibu selama kehamilan.Karena itu untuk mencegah terjadinya sembelit banyaklah mengkonsumsi makanan berserat.

Vitamin A:

-sayuran berwarna hijau dan merah atau kuning seperti brokoli dan tomat atau paprika berwarna kuning. Makanan yang mengandung vitamin A ini insya Allah akan membantu perkembangan saraf pusat pada janin ukhti.

Asam folik

-terdapat pada brokoli dan bayam

Zat besi:

-terdapat pada ikan tuna dan bayam.

semoga setelah mengetahui informasi diatas ukhti semua dapat mengkombinasikan makanan apa saja yang harus ukhti makan setiap harinya. hindari banyak mengemil makanan yang tidak sehat (junk food) karena akan membuat berat badan ukhti selama kehamilan bertambah banyak sehingga akan sulit menurunkannya setelah melahirkan.Mulailah anda mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang selain bermanfaat bagi diri ukhti juga sangat membantu pertumbuhan janin anda, wallahu 'alam bisshowwab.

sumber:

- 101 tips terpenting melahirkan, Dian Rakyat,Jakarta, 1999.
»»  READMORE...

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Ada teman yang lagi hamil dan selalu mengeluh ama saya tentang perutnya yang buncit dan tidak sexy lagi. Memang sih teman saya itu sebelum hamil selalu tampil cantik dan sexy. Dasar tuh cewek, mana ada orang hamil yang ga buncit!

null


Diet saat hamil? Emang bisa? Bukannya orang klo lagi hamil harus makan yang banyak secara di dalam perutnya ada janin bayi. Dengan diet saat hamil tidak hanya berakibat fatal pada janin bayi tapi juga bisa berdampak buruk bagi si calon ibu. Apalagi klo liat susu ibu hamil yang katanya bisa meningkatkan pertumbuhan otak dsb pada janin bayi. Nah klo si ibu diet berarti bisa mengganggu pertumbuhan si janin bayi.

Klo dipikir-pikir jumlah makan yang mesti dikonsumsi ibu hamil tuh tergantung :
- Seberapa banyak aktifitas setiap harinya?
Otomatis makanan yang dikonsumsi harus semakin banyak
- Usia kandungan?
Semakin tua usia kandungan otomatis makanan yang dikonsumsi harus semakin banyak juga
- Seberapa banyak janin bayi di dalam perut?
Klo isi perut ada lebih dari 1 janin, mesti tambah lagi dong yang mesti dimakan.

Kembali ke masalah diet, sebenarnya diet untuk ibu hamil bisa aja dilakuin yaitu dengan fokus terhadap nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan janin bayi tanpa cuek terhadap kebutuhan nutrisi ibu hamil. Hal yang harus diprioritaskan ibu hamil yaitu banyak memakan makanan yang mengandung vitamin, folid acid dan kalsium. Zat-zat seperti ini banyak terdapat padaa susu ibu hamil sedangkan untuk makanan : kacang, sayuran hijau, daging ayam, cereal, jeruk dsb

Bagaimana makanan yang mesti dihindari?
- Makanan yang banyak mengandung mercuri seperti tuna atau mackerel
- Makanan berpengawet, ini sih udah jelas banyak banget zat kimianya
- Alkohol, minum alkohol klo lagi hamil bisa bikin bayi terlahir kurang berat badan dan otaknya agak terganggu
- Caffein, ibu hamil ga boleh minum kopi dong :p soalnya caffein bisa mengurangi penyerapan zat besi
- Makanan yang ga masak seperti sushi atau telur mentah, yang ini bisa bikin diare, mual-mual dan mempengaruhi kesehatan janin. Terkecuali sayur-sayuran, boleh dimakan mentah tapi mesti dicuci bersih dulu ya.

Healthy pregnancy!
»»  READMORE...

Makanan Sehat untuk Diet Cara Alami dan Tradisional

JIKA ingin mencapai target berat badan ideal dengan cepat dan mudah, memilih mengonsumsi sepuluh daftar makanan sehat di bawah ini untuk sehari-hari, mungkin akan membawa hasil bagus. Makan-makanan ini tak sulit didapatkan, rendah kalori, sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Apel

Apel merupakan contoh bagus dari serat yang mudah dicerna untuk membantu memerangi kolesterol. Buah berair itu juga bagus sebagai sumber vitamin C.

Kacang Almond

Makanan itu kaya dengan serat dan protein, selain bagus untuk sumber zat besi, magnesium, dan vitamin E. Konsumsi yang masih mentah atau sudah diolah untuk mendapatkan hasil terbaiknya, dan hindari yang sudah dibumbui dengan banyak garam atau diolah dalam bentuk makanan manis, karena yang ini buruk untuk program diet Anda.

Blueberri

Blueberri bahan yang kaya sumber serat, vitamin C, dan antioksidan. Selain ini segala jenis Berri bisa jadi pilihan lain yang sama bagusnya. Dimakan saat masih segar atau ditambahkan dalam yogurt, sereal, dan salad. Khasiatnya bagus untuk kesehatan.

Bayam

Bayam merupakan salah satu dari sepuluh makanan sehat yang berguna untuk rambut dan kulit. Bayam kaya zat besi, kalsium, magnesium, vitamin A dan C.

Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium tinggi, dan sejumlah vitamin serta mineral. Tambahkan kacang merah dalam salad atau sup yang Anda buat untuk menambah lezat dan juga sehat dari makanan Anda.

Brokoli

Sayuran ini mungkin terasa menjijikkan bagi orang-orang yang tak gemar sayur, tapi brokoli sumber kalsium, postasium, dan vitamin A dan C. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari makanan ini, jangan masak terlalu matang dan hindari memakai saus serta keju berlebihan.

Ubi

Jenis ketela satu ini kaya dengan vitamin. Dalam ubi terkandung vitamin A, B, C, dan E. Selain itu ubi juga rendah kalori, khususnya jika dipanggang atau dimasak tanpa gula.

Salmon

Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan pilihan sehat, tapi salon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Selain itu salmon juga rendah kolesterol

Gandum

Gandum kaya vitamin B3 atau vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat, dan vitamin E. Sereal gandum juga bagus untuk diet Anda.

Kedelai

Kedelai mengandung omega 3, kalsium dan zat besi. Makanan ini populer untuk vegetarian. Selain dimasak biasa, kedelai juga bisa dinikmati dalam bentuk tofu, susu, atau tempe dan tahu.

Susu

Bukan hanya makanan sehat yang Anda butuhkan dalam diet, cairan sehat juga sangat vital. Susuk renda lemak atau tanpa lemak yang kaya vitamin D dan kalsium juga penting untuk kesehatan tulang Anda.

Air

Tak ada yang lebih bagus untuk kesehatan kita selain air murni yang segar. Minum delapan gelas sehari akan membantu membersihkan bekas makanan dan mencegah dehidrasi dalam tubuh Anda.(*)

»»  READMORE...

Makanan Sehat untuk Bayi yang Sehat

Makanan yang diberikan untuk si buah hati harus bervariasi dengan komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan itu harus mengandung semua komposisi yang dibutuhkan oleh si bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upayakan makanan buatan sendiri sehingga senantiasa segar tanpa pengawet dan tanpa penambah rasa buatan atau kimiawi. Sebaiknya hindari pemakaian garam sampai usianya 1 tahun dan jangan biasakan si bayi mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula.

Makanan untuk usia 6 bulan berupa makanan yang lembut, tapi sesudah itu berangsur-angsur menjadi makanan yang kasar. Usia 1 tahun sudah dapat mengkonsumsi makanan dewasa. Jadwal makan adalah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, sore atau malam. Pagi sebaiknya makanan setengah berat (bubur susu, oat meal, roti, biskuit). Makan siang dapat berupa buah padat yang dicampur susu (alpukat, apel kukus, pear kukus, labu kuning). Sedangkan untuk sore hari adalah makanan yang berat.

Karbohidrat

Sumber karbohidrat untuk bayi berusia 6 bulan dapat diperoleh dari tepung beras, tepung maizena, biskuit. Kemudian berangsur-angsur diganti dengan kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti, oat meal, dan nasi (bubur atau tim).

Protein dan lemak

Untuk usia bayi 6-8 bulan, sumber protein dan lemak dapat diperoleh dari susu, yoghurt, kuning telur, keju, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, daging cincang, dan hati. Sedangkan untuk usia 9 bulan, dapat diberikan ikan.

Vitamin dan mineral

Sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, dan alpukat. Sedangkan untuk sayur dapat diperoleh dari kacang polong, wortel, brokoli, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, dan sawi hijau.

Label: makanan, bayi
»»  READMORE...

Koleksi Makanan Sehat untuk Bayi 2-11 bulan

Resep Tim Bayam Tuna

Bagi ibu yang memiliki bayi usia 9 sampai 12 bulan bisa mencoba resep tim ini.

Bahan:
70 gram beras
500 cc kaldu ayam sayuran
50 gram fillet tuna, iris dadu
50 gram wortel, kupas, potong dadu
50 gram bayam, cincang kasar
2 kuning telur
Kaldu ayam sayuran

Bahan kaldu:
500 gram tulang ayam
1 liter air
1 buah wortel iris kasar
1/2 butir bawang bombai, iris kasar
2 lembar daun salam
2 batang seledri iris kasar

Cara Membuat Kaldu:
Rebus tulang ayam dalam satu liter air. Setelah air rebusan tersisa sekitar 750 cc, masukkan sisa semua bahan dan rebus selama 15 menit. Angkat dan saring airnya.

Cara Membuat Tim:
1. Masukkan beras dan ikan ke dalam kaldu ayam sayuran hingga lunak.
2. Masukkan wortel dan teruskan merebus.
3. Tambahkan bayam dan kuning telur, aduk dan rebus selama 3 menit. Angkat.
4. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas, kukus selama 15 menit.
5. Tuangkan ke dalam wadah khusus bayi. Sajikan saat sudah dingin.

Untuk 2 porsi.
Baca juga resep tim jagung tahu

Sumber : Nakita


--------------------------

Nasi Tim Telur Makanan bayi 9 – 12 bulan

Bahan :
• 20 gram beras, cuci bersih
• 625 ml air
• 25 gram hati ayam
• 50 gram tahu
• 1 butir telur
• 25 gram wortel, parut
• 25 gram daun kangkung yg muda, iris halus
• 2 sdm santan matang

Cara membuat :

  1. Rebus beras dengan air, hati ayam, dan tahu sambil terus diaduk hingga menjadi bubur
  2. Masukkan telur, aduk terus hingga telur matang
  3. Masukkan kangkung dan wortel, masak sampai sayuran matang
  4. Tambahkan santan. Aduk hingga rata. Angkat

Untuk 2 porsi

--------------------------


Ini Resep buat Fahira, setelah mencari info kemana-mana ..rupanya MPASI dimulai dari umur 6 bulan ...karena usia 6 bulan itu pencernaan Hira betul betul sudah siap... sebagai Ibu yang cerdas tentu si Ebo akan kasi MPASI diumur setelah 6 bulan...khawatir dapet masalah pencernaan nantinya,..baca baca banyak yang kena masalah pencernaan seperti susah pup, kram usus dan lain-lain gara gara awamnya si ibu yang tega kasih makanan pas bayi umur 3 or 4 bulan...padahal beneran usia yang paling tepat mulai MPASI itu adalah umur 6 bulan pas lulus ASIX...., jadi mari kita kumpulkan resep-resepnya :)

  • Bubur beras merah masak air + 2 sendok tepung beras merah, beri susu formula sedikit atau gula merah.
  • Bubur roti polos Roti tawar setengah lembar tanpa ada kulit coklatnya. Cabik kecil-kecil,rebus dengan air secukupnya sampai setengah lunak, kemudian dicampur dengan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak.
  • Bubur makaroni polos Rebus makaroni sampai setengah lunak dengan air panas, kemudian masukkan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak.
  • Bubur kentang polos Rebus 1/3 kentang ukuran sedang sampai setengah lunak dengan air panas kemudian masukkan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak.
  • Bubur cornflake Rebus 2-3 sdm cornflake sampai setengah lunak dengan air panas, kemudian masukkan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak.
  • Bubur havermooth Rebus 2-3 sdm havermooth sampai setengah lunak dengan air panas,kemudian masukkan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak.
  • Bubur jagung Kerok biji jagung muda rebus sampai lunak dgn air panas, kemudian campur dengan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak (atau diblender setelah matang). Setelah itu disaring untuk menghilangkan kulitnya
  • Bubur kacang hijau Bubur instant kacang hijau dicampur dengan susu formula 30 cc aduk sampai rata dan halus.
  • Menu makanan bayi sekali makan (satu set)Bubur nasi, wortel, bayam,kaldu ikan: wortel dan bayam diparut campur dengan bubur nasi, direbus lagi dengan kaldu ikan sampai lunak.
  • Ikan yg dibuang duri dan kulitnya & tahu putih direbus, ditiriskan,dicacah sampai halus, campur kecap asin sedikit.
  • Apel diparut, atau boleh dicampur yogurt tawar.
  • Bubur kentang, brokoli, wortel,kaldu ikan teri: wortel dan brokoli diparut campur dgn bubur nasi, direbus lagi dengan kaldu ikan teri sampai lunak.
  • Ikan teri (yang basah & halus) direbus sampai lunak, campur dengan setengah kuning telur rebus dan mayoneis (sedikit), aduk dengan sendok sampai lunak dan halus.
  • Labu direbus sampai lunak, dihaluskan dengan sendok.
  • Bubur makaroni, ikan tuna, keju parut: ikan tuna, makaroni, keju parut direbus sampai lunak, beri susu formula 30 cc, rebus lagi hingga lunak dan matang.
  • Bunga kol dan tomat (tanpa biji) direbus, dihaluskan.
  • Jeruk manis peras
  • Bubur roti, pisang, ubi merah: rebus ubi merah sampai halus dan lunak,masukkan roti dan pisang yang sdh dikerok campur susu formula 30 cc, rebus lagi hingga matang.
  • Kol,labu,ikandirebus, diparut dan disaring hingga lunak.
  • Tomat diambil dagingnya (tanpa kulit dan biji), dihaluskan.
  • Bubur kentang,kuning telur, kaldu ayam: rebus kentang dengan kaldu dari daging ayam yg dada (tanpa lemak) campur dengan setengah kuning telur yang direbus sebelumnya, haluskan.
  • Dada ayam yang sudah direbus dicacah, dihaluskan.
  • Wortel dan apel di campur, dijus.
  • Bubur makaroni, kacang polong, wortel rebus sampai lunak, kemudian dihaluskan.
  • Ikan dan jamur direbus sampai lunak, dicacah halus.
  • Puding susu dan jeruk: rebus susu formula dengan air perasan jeruk, masukkan agar-agar bubuk secukupnya. Buat agar-agar lembek (tidak keras seperti untuk orang dewasa).
  • Bubur jagung, asparagus: rebus kerokan biji jagung muda dan asparagus dengan air sampai lunak kemudian, bila sudah lunak masukkan air susu formula, sampai agak mengental kemudian dihaluskan.
  • Salad bayam, tuna: rebus bayam dan ikan tuna sampai lunak, haluskan beri sedikit mayoneis
  • Yogurt tawar dan sari buah melon. Pepaya diparut halus, tambahkan yogurt tawar.
  • Tahu putih dan ati ayam: rebus tahu dan ati ayam sampai matang,haluskan.
  • Jus jeruk, pepaya. Pepaya dijus dengan air jeruk.
  • Bubur nasi, lobak, sawi putih, dan wortel. Semua direbus jadi satu sampai lunak, kemudian dihaluskan.
  • Dada ayam direbus, dicacah, campur dengan ikan tengiri halus.
  • Melon custard: rebus air susu formula, beri tepung maizena sedikit, dan kuning telur (1/3). Rebus hingga agak kental. Kemudian tabur parutanmelon di atasnya
  • Bubur pasta, ati ayam, tomat: rebus pasta (untuk spageti), ati ayam, dan daging buah tomat hingga lunak, kemudian haluskan.
  • Timun dan wortel diparut, haluskan beri sedikit mayoneis.
  • Jus pisang madu: setengah buah pisang dipotong kecil, campur susu formula 30 cc ditambah 1 sdm madu, diblender hingga halus.
Untuk minum sesudah makan, kalau bisa jangan air putih,tapi dibuat
bervariasi misalnya :
  1. Juice bayam: rebus bayam, bila sdh lunak dan airnya diblender
  2. Airrebusan kacang hijau
  3. Juice buah-buahan ( apel, jeruk, melon, kiwi,wortel, dll.)
  4. Teh hijau yang mengandung vit. C
Bubur Hunkwe Stroberi
1 sendok makan tepung maizena
50 gr stroberi blender hingga lembut
150 ml air
1 sdk makan susu formula

Cara Membuat:
  1. Larutkan tepung maizena dengan air, aduk rata. Rebus dengan api kecil hingga mendidih dan tekstur mengental.
  2. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan susu formula lanjutan yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Tuang stroberi yang sudah dihaluskan, aduk rata. Masak lagi hingga mendidih. Angkat, sajikan.
Untuk 1 Porsi

BUBUR BERAS & MELON


Bahan:
1 sdm tepung beras
50 gr melon, haluskan hingga lembut
150 ml air
1 sdm susu formula lanjutan, larutkan dengan air

Cara Membuat:
  1. Larutkan tepung beras dengan air, didihkan sambil terus diaduk hingga mengental dan matang.
  2. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan melon yang sudah dihaluskan dan susu formula lanjutkan yang sudah di larutkan dengan air. aduk rata, angkat. hidangkan hangat.
Untuk 6 bulan ke atas
Pure Pisang dan Tahu


Bahan:
1 buah pisang berukuran kecil
50 gram (3 ons) Tahu (pilihlah tahu jenis soft Tahu, yang lembut untuk dikonsumsi bayi)

Cara Membuat:
Kupas dan haluskan pisang kemudian campurkan dengan tahu matang, lumatkan hingga menjadi pure. Anda juga bisa menambahkan buah mangga, aprikot, persik, dan buah-buahan lainnya bersama-sama dengan buah pisang.

Salmon dan Brokoli dengan Saus Keju

Bahan:
75gram fillet ikan salmon
15 gram Butter
50 gram brokoli
15 gram tepung
200 ml susu
20 gram keju gruyere
2 sendok makan keju parmesan
2 sendok makan mascarpone

Cara Membuat:
taruh ikan salmon diatas piring kemudian lumuri dengan butter. Tutupi dengan alumunium foil, dengan memberikan sedikit lubang sebagai ventilasi udara. Kemudian masukan microwave selama kurang lebih satu setengah jam. sementara itu kukus brokoli selama kurang lebih 4 menit.

Untuk membuat saus keju:
Lelehkan butter, aduk bersama tepung dan masak hingga satu menit. Perlahan-lahan tuang susu kedalam adonan, aduk kembali dengan api kecil selama kurang lebih 3 menit samapai saus mengental. Matikan api, aduk keju gruyere dan keju parmesan hingga meleleh, Kemudian aduk bersama dengan mascarpone.

Haluskan ikan salmon, kemudian potong brokoli dengan potongan kecil-kecil, aduk ke dalam saus keju, Sajikan.

(untuk 3 porsi)

sumber :
balita-anda@balita-anda.com
www.budiboga.blogspot.com
www.resepnugraha.net
www.resep-makanan.blogspot.com


makanan sehat untuk bayi 11 bulan, makanan sehat untuk bayi 10 bulan, makanan sehat untuk bayi 9 bulan, makanan sehat untuk bayi 8 bulan, makanan sehat untuk bayi 7 bulan, makanan sehat untuk bayi 6 bulan, makanan sehat untuk bayi 5 bulan, makanan sehat untuk bayi 4 bulan, makanan sehat untuk bayi 3 bulan, makanan sehat untuk bayi 2 bulan
»»  READMORE...