Makanan Bergizi, Makanan Sehat, Hati-hati dengan Formalin

Acara makan siang biasanya jadi acara refreshing sekaligus isi `bahan bakar`. Sayangnya, setelah sekian tahun mencicipi aneka masakan di seputar Sudirman, kebosanan menjadi masalah besar. (Aduh, kami ini memang tidak bersyukur, maafkan aku Tuhan, karena telah menyebut kata bosan, padahal ada orang lain, jangankan untuk memilih mendapatkan sekedar makanan untuk pengisi perut saja susah...)

Tapi terlepas dari masalah bosan, tadi siang tiba-tiba menjadi acara makan siang paling membingungkan. Berdiri di depan ibu kantin sambil menunjuk sayur lodeh, saya langsung mendaulat ikan goreng sebagai pedamping utama menu andalan hari ini. Tapi belum juga tangan Si Ibu menyodorkan ikan goreng favorit, artikel di KCM tadi pagi `Kami Terpaksa Menggunakan Formalin..` http://www.kompas.com/kesehatan/news/0512/29/072208.htm membuat saya langsung berubah pikiran. Selamat tinggal ikan kaya gizi, rendah kolestrol dan mengandung omega 3 kecintaan saya..

Sebelumnya saya sudah cukup pusing harus menyingkirkan tahu dalam daftar menu gara-gara informasi tahu mengandung formalin. Hari ini mencermati pergerakan BB-POM, sederet makanan favorit terindikasi mengandung formalin. Dimulai dari tahu, ikan segar, ikan asin, mie,dan baru saja saya baca di detik, petis pun mengandung formalin!

Makin susah saja memilih makanan sehat dan bergizi. Satu demi satu makanan bergizi berubah menjadi petaka gara-gara zat kimia pengawet, pewarna, pencerah...

Salah siapa?? Ruwet sekali mencari jawabannya. Yang menjadi keheranan paling besar adalah, mengapa sih zat-zat kimia tersebut sangat mudah didapatkan? Harusnya zat-zat kimia yang banyak dipakai untuk kepentingan industri atau medis disalurkan oleh satu badan saja, yang berwenang mengontrol siapa yang berhak menggunakannya. Kalau melihat akibat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin, salah satunya, bukankah sama bahayanya dengan kalau kita mengkonsumsi narkoba misalnya..?

Mungkin dengan pengawasan dan kebijakan penyaluran yang ketat bisa meminimalisir penggunaan zat-zat tersebut yang tidak pada tempatnya (semoga). Wong mereka yang menggunakan tokh sebenarnya sudah tahu bahayanya kok.. Jadi kalau jalur pemberian informasi mengenai bahayanya sudah tidak efektif lagi karena pilihan mereka menggunakan zat tersebut dipicu oleh faktor terjepit, ya.. jalan satu-satunya harus dengan memperketat peredarannya.

Yah, begitulah.. Seperti kata Dr. Erik Tapan, pada akhirnya pintar-pintar kita sajalah untuk memilih makanan yang bergizi dan sehat..
»»  READMORE...

Makanan Sehat Bergizi-Empat Sehat Lima Sempurna

Rekomendasi
  • Makanan sehat dan bergizi tentu adalah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna
  • Bahan segar dan berkualitas itu menjadi unsur utama dalam makanan sehat.
  • Pastikan dagingnya segar!
  • Dalam pengolahan, jangan asal pula menggunakan peralatan masak. Pastikan kalau peralatan masak yang digunakan tidak dilapisi bahan kimia
  • Sajikan makanan sesegar mungkin
  • Konsumsi air putih minimal delapan gelas sehari

Ingat bulan Mei, ingat hari Pendidikan dong? Terus ingat juga dong sama hari Kebangkitan Nasional? Walaupun suka dilupakan orang, tapi kedua hari itu penuh makna lho! Nggak semua orang mungkin bisa mewujudkan tujuan yang dicita-citakan dari kedua hari nasional nan penuh makna tersebut.

Bukan bermaksud menggurui, tapi apa salahnya kedua hari nasional tersebut menjadi salah satu faktor pendorong bagi kita supaya bersemangat membangun bangsa? Nah, untuk membangun bangsa lewat pendidikan tentu kita harus mempunyai badan dan jiwa yang sehat. Begitu pula dengan kebangkitan nasional. Bagaimana bangsa dan negara bisa bangkit kalau orang-orangnya tidak berbadan dan berjiwa sehat? Untuk itu, kita perlu mendapat asupan makanan yang sehat dan bergizi pula, selain rajin berolahraga dan istirahat yang teratur.

Makanan sehat dan bergizi tentu adalah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna. Kembali ke pelajaran Sekolah Dasar, bahwa makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari nasi, lauk-pauk, sayur mayur, buah, dan susu yang merupakan pelengkap sehingga menjadi sempurna! Siph deh! Mau hidup sehat? Awalnya dari makanan!

Makanan Sehat : Segar dan Berkualitas.
“Kalau kata orang tua, makanan yang sehat itu pasti adalah sayuran.” komentar Iva, seorang copywiter. Betul! Berbagai jenis sayur-mayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Namun, awas! Jangan sembarangan sayur! Kalau sayur-mayurnya ditanam dengan menggunakan pestisida yang berlebihan, ya sama juga bohong dong! Bisa-bisa tubuh malah sakit!

Intinya sih, bahan segar dan berkualitas itu menjadi unsur utama dalam makanan sehat. Nah, berarti kalau makanan produk olahan biasanya kurang baik lho! Soalnya produk olahan itu mengandung bahan aditif yang kurang baik dikonsumsi dalam jangka panjang.

“Iya sih, temen gue, cewek dari kecil doyan banget makan fastfood dari kecil, eh pas gedenya bagian badannya malah ada yang nggak seimbang gitu…ada yang gede sebelah lah..” jelas Aldi, menceritakan pengalaman temannya. Nah lo! Apaan yang gede sebelah?

Selain sayur-mayur, daging-dagingan juga bisa menjadi makanan yang sehat asaaaaalllll….ya itu tadi, dagingnya segar dan berkualitas! Kalau daging sapi, pastikan sapinya memang sehat. Pastikan dagingnya segar! Kalau daging ayam juga begitu, pastikan ayamnya sehat, nggak terjangkiti virus flu burung, nggak disuntik yang aneh-aneh, dan sebagainya.

Pusing ya? Mau makan saja repot. Mau sehat saja repot. Tapi..tunggu! Nggak cuma memilih bahan yang segar dan berkualitas saja, pengolahan makanan juga perlu diperhatikan!

Makanan Sehat: Pengolahannya
“Ibu gue bilang kalau makanan gorengan itu nggak baik konon kandungan minyak dalam gorengan itu bisa bikin kanker..” kata Pika, gadis yang hobi memasak.Ya, hal semacam itu mungkin sudah sering kita dengar.

Maka itu, kita harus memperhatikan kandungan minyak yang digunakan. Apakah rendah lemak? Non kolesterol? Lalu, minyak yang digunakan bersih atau tidak? Asal tahu saja, kadang minyak yang digunakan untuk menggoreng cemilan/goreng-gorengan (yang dijual abang-abang di pinggir-pinggir jalan) adalah minyak bekas. Hii..kebayang dong racunnya berapa banyak?

Oleh karena itu, memang sebenarnya cara yang baik adalah menghindari makanan goreng-gorengan. Kan lumayan menjaga pita suara juga agar selalu dalam kondisi prima! Karaoke-an jalan terus deh! Hehehe.. Untuk itu, pengolahan sayur-mayur dan daging itu bisa dikukus, ditim, atau ditumis.

Dalam pengolahan, jangan asal pula menggunakan peralatan masak. Pastikan kalau peralatan masak yang digunakan tidak dilapisi bahan kimia. Jangan sering menggunakan wajan yang berlapis antilengket. “Iya tuh, sodara gue keseringan pakai wajan yang antilengket gitu, sekarang malah divonis kanker!” cerita Dewi. Waduh, serem banget kan? Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda mungkin dapat menggunakan wajan besi, wajan aluminium atau panci tembaga.

Makanan Sehat: Penyajian dan Konsumsi
Bahan dasar yang sehat sudah, diolah dengan benar sudah, lalu disajikan dong! Sajikan makanan sesegar mungkin. Soalnya supaya nutrisi dalam makanan tetap terjaga. Bukan hanya tekstur dan warnanya saja yang tetap terjaga.
Setelah disajikan, makanlah sesegera mungkin. Jangan kelamaan ditunda, nanti tubuh kita nggak dapat nutrisinya dong! Namun ingat, makanlah sesuai jadwal dan dengan porsi yang sesuai. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Kalau beberapa jam setelah makan masih lapar, tenang, konsumsi cemilan saja! Eh tapi cemilannya juga yang benar! Jangan mengandung bahan pengawet yang aneh-aneh.

Jangan lupa minumannya!
Kalau makan makanan sehat mulu tanpa asupan minum, bisa-bisa kerongkongan seret dong. Seperti kata pakar-pakar, konsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Kayaknya sudah bukan zamannya lagi masih minum minuman yang berkarbonasi. Setiap kaleng minuman berkarbonasi itu kandungan gulanya ampun-ampunan deh banyaknya!

“Bokapnya temen gue sekarang stroke gara-gara dulunya suka minum minuman berkarbonasi gitu, terus jarang minum air putih!” cerita Vera, seorang aktivis kampus.

Kenapa kita perlu air putih? Soalnya, air putih selain bisa memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh, air putih juga dapat memperlancar buang air besar. Nah jadi racun-racun makanan bisa ikut kebuang kan!

Jadi, kalau pergi kemana-kemana jangan lupa bawa atau membeli air mineral. Lumayan, selain murah juga menyehatkan! Nggak usah merasa gengsi atau malu karena nggak beli minuman yang mahal. Minuman seenak dan semahal apapun nggak ada artinya kalau ujung-ujungnya kita malah sakit.

Kalau harus membeli?
Kalau memang sedang jajan makanan di luar, pilih-pilih tempatnya! Yang bersih, yang kira-kira pengolahannya baik, dan sebagainya. Sekarang sudah banyak kok restoran-restoran yang menyajikan makanan yang sehat, dari mulai restoran yang menggunakan bahan baku yang organik, mie yang berbahan dasar sayuran (bukan pewarna), sampai restoran yang menyajikan menu makanan sesuai golongan darah.

“Gue anak kos dan jarang banget masak, jadi mau nggak mau harus beli makanan. Tapi gue pilih-pilih, gue beli makanan yang isinya sehat dan bergizi. Jadi ada nasi, sayur, lauknya.” cerita Dian, seorang humas restoran yang tinggal di kos-kosan. Nah, apa yang dilakukan Dian dapat dicontoh. Jadi anak kos bukan berarti makan sembarangan. Kalaupun terpaksa makan di luar/ tempat makan, tetap penuhi kandungan gizi tubuh kita. Makanan yang dibeli ada karbohidratnya, protein hewaninya, nabati, dan lainnya.

Jangan lupa, kalau membeli makanan atau minuman dalam kemasan, cek label kemasannya. Perhatikan kandungan gizi dalam makanan atau minuman tersebut. Layak atau tidak? Sesuai dengan tubuh atau tidak?

Gaya Hidup Sehat
Menurut ahli gizi Emma S Wirakusumah, prinsip yang harus dipegang adalah hidup sehat, yaitu makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Maka itu, untuk bertahan hidup, kita perlu makan dan minum yang benar dan teratur. Kesehatan itu mahal harganya. Hari gini masuk rumah sakit..aduuhhh mahal segala-galanya! Dari mulai biaya rawat inap, obat-obatan, pemeriksaan lab, sampai dokter.

Kemudian, selain itu kita perlu tahu tubuh kita itu butuh gizinya berapa banyak. Nggak setiap orang sama kebutuhan gizinya. Kalau kita sudah tahu kebutuhan gizi dalam tubuh kita, kita jadi mudah untuk menyesuaikan asupan makanan dan minuman. Jangan lupa juga untuk mengimbangi makanan dengan olahraga yang teratur.

Menurut Pedoman Umum Gizi Sehat, porsi makanan yang baik adalah 60-65 persen dari kebutuhan kalori tubuh harus berupa karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang, mi, ubi, dan roti. Karbohidrat kompleks dipakai sebagai sumber energi. Lalu 10-15 persen berupa protein sebagai zat pembangun tubuh, dan sisanya berupa bahan makanan lainnya seperti lemak, sayuran, dan buah-buahan sebagai sumber pengatur tubuh.

Konsumsi serat juga diperlukan, minimal 25-30 gram per hari. Serat itu ada dimana? Ya, antara lain ada di sayuran dan buah-buahan. Guna serat itu antara lain untuk mengikat zat racun, kolesterol, kelebihan lemak, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sebab serat mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik (probiotik) dan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Obesitas juga mampu dibasmi oleh serat sebab serat mampu menghambat penyerapan lemak oleh usus dan memperlama rasa kenyang. Jadi nggak bakal kelaparan terus. Namun, kalau masih kelaparan juga setelah merasa cukup mengkonsumsi serat, nampaknya perlu dicek ke dokter deh. Cacingan barangkali? Hehe..

Sehat=No Diet, Makan Sesukanya!
Lho, apalagi ini? Kok jadi kontradiktif dengan sebelumnya? Berdasarkan hasil searching icip-icip.com di internet, kami menemukan pendapat Dr. Jules Hirsch, guru besar di Universitas Rockefeller, New York, AS, dan Harriet Brown, seorang editor sebuah antologi tentang anoreksia, berjudul ”Mr Wrong” yang mengatakan orang tidak perlu diet namun tetap makan makanan yang disukainya.

Apa sebab? Konon sebabnya tubuh manusia akan menyerap dengan baik segala unsur dari makanan yang kita sukai. Sebaliknya, tubuh pun akan menolak kandungan unsur makanan yang tidak kita sukai meski tergolong makanan sehat. Ini telah terbukti melalui suatu penelitian!

Logikanya begini, ternyata proses pencernaan manusia itu berhubungan erat dengan otak kedua atau nyali yang ada di otak manusia. Kalau ada makanan yang beraroma menggoda (apalagi makanan favorit!), otak akan mendorong kelenjar air liur untuk beraksi. Bersamaan dengan itu pula, otak memerintahkan perut untuk mengeluarkan getah perut lebih banyak. Hasilnya, tubuh akan menyerap lebih banyak nutrisi, makanan tercerna dengan baik dan seluruhnya masuk ke dalam sistem metabolisme tubuh.

Jadi, misalnya ada setumpuk sayuran yang harus dimakan. Walaupun sangat bergizi tapi kitanya nggak suka, makanannya malah tidak tercerna dengan baik. Namun, kalau ada setumpuk chocolate cake kesukaan kita, walaupun gizinya rendah tapi lemaknya banyak, makanannya malah tercerna dengan baik. Begitu katanya..
makanan sehat bergizi,  makanan, sehat, bergizi
Wah, wah..bingung? Jangan! Yah, namun pada akhirnya lebih baik segala sesuatu berjalan dengan seimbang. Mempunyai hidup yang sehat pastinya dengan tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perlu keseimbangan asupan makanan dan minuman. Makanan yang sehat dan bergizi memang perlu, namun untuk variasi boleh deh sekali-kali makan cemilan yang (sebenarnya) kurang menyehatkan. Imbangi pula dengan olahraga, jauhi stress, rokok, alkohol, apalagi narkoba! Hehehe..bagaimana, sudah siap membangun negara dan bangsa dengan tubuh yang sehat serta jiwa yang kuat?=)
»»  READMORE...

Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kulit Anda


makanan sehat bergizi, makanan, sehat, bergizi

Tubuh kita, termasuk kulit, membutuhkan makanan sehat, seperti lemak sehat, protein yang tepat, buah-buahan, dan sayuran. Inilah lima jenis makanan yang paling sehat untuk kulit Anda.

1.Teh hijau. Tiga cangkir teh hijau sehari dapat menyumbang cukup antioksidan bagi tubuh Anda, sehingga mampu melawan penuaan dini serta peradangan. Risiko kanker kulit juga akan jauh berkurang.

2. Brokoli. Kaya akan vitamin A, C, dan K. Vitamin A dapat mengurangi produksi minyak, vitamin C merupakan antioksidan kuat, dan vitamin K dapat mencegah timbulnya lebam di kulit. Jadi, makanlah wonderfood ini.

3. Almon. Konsumsi segenggam almon sehari dapat meningkatkan kadar vitamin E, antioksidan terpenting untuk kesehatan kulit, juga melembabkan kulit kering. Selain itu juga melindungi kulit dari penuaan, peradangan, bahkan kanker kulit.

4. Ikan. Contohnya salmon dan cod kaya akan asam lemak omega-3. Ini penting diasup karena tubuh kita tidak bisa memproduksinya. Asam lemak ini akan memelihara kulit, melembabkan dan mencegah iritasi, bahkan dapat memperbaiki kulit dari penyakit kronis seperti dermatitis atopik dan rosacea. Ikan-ikan tersebut juga mengandung vitamin D yang baik untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Bagi yang tak suka ikan bisa menggantinya dengan flaxseed, hazelnuts, kacang kenari.

5. Minyak bunga matahari. Berisi asam lemak omega-6 seperti asam linoleat yang penting untuk mencegah kulit kering dan meradang. Juga vital bagi pembentukan prostaglandin, hormon yang menjaga sel-sel tubuh berfungsi secara baik. Untuk mendapatkan kulit sehat, coba konsumsi salmon plus brokoli, lalu siram dengan sedikit minyak bunga matahari. Hmmm!
»»  READMORE...

Makanan Sehat yang Menyehatkan

Makanan kita yang mula-mula. Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa, la memberikan petunjuk yang pasti mengenai apa yang mereka harus makan. Kejadian 1:29 mengatakan: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu,"Makanan Adam yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum telah disesuaikan dengan menyertakan seluruh tanaman setelah is diusir dari Taman Eden. Kejadian 3:18 "Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuhtumbuhan di padang akan menjadi makananmu."

Seribu tahun kemudian, setelah air bah pada zaman Nuh, terjadi perusakan menyeluruh pada semua tanaman, yang menuntun Allah untuk mengizinkan hewan sebagai makanan. Allah mengatakan, "segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau." Kejadian 9:3.

Izin khusus ini mengandung tiga syarat yang seringkali diabaikan :

Daging itu harus dikeringkan dari darah. (Kejadian 9::4)

Hanya hewan yang "halal" yang harus digunakan sebagai makanan (Kejadian 7.2; Imamat 11:1-28)

Jangan membunuh binatang kalau memang tidak perlu. (Kejadian 9.5).

Makanan Vegetarian adalah terbaik bagi kita

Ilmu pengetahuan menemukan bahwa manusia memiliki organ-organ tubuh yang khusus dengan fungsi dan proses yang bekerja menurut hukum-hukum alam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti, akan memelihara tubuh sehat dan bekerja dalam tingkat yang normal. Menyimpang dari hukum alam ini bisa memberikan pengaruh yang merusak pada tubuh manusia. Kita diciptakan untuk menjadi vegetarian. Ada perbedaan antara herbivora (binatang pemkan tanaman) dan karnivora (binatang pemakan daging), misalnya:

MULUT. Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging seperti anjing mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.

SUSUNAN GIGI. Manusia mempunyai gigi Seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Pada segi lain, pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging. Gigi taringnya tajam di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.

GERAKAN RAHANG. Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan tutup saja. Di pihak lain binatang pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda - vertikal atau keatas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi dan ke depan clan ke belakang seperti manusia.

USUS. Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.

JALUR KERINGAT. Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama seperti manusia, sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut. Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin. Manusia meminum air dengan mengisap/menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka. Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.

Makanan Vegetarian Mencegah Penyakit

Oleh karena manusia dirancang bukan untuk memakan daging, tidak heran begitu banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat dan memakan daging, termasuk dalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular, penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dll. Ilmu pengetahuan telah lama membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Jauh sebelumnya, tahun 1961, majalah "Journal of American Medical Association" menyatakan: "Makanan vegetarian bisa mencegah 97% dari penyumbatan urat nadi jantung."

Rita Butram PhD, Kepala Bidang Makanan dan kanker pada Lembaga Kanker Nasional (NCI) Amerika mengadakan bahwa 3540% dari semua kematian akibat kanker ada kaitannya dengan makanan. Selanjutnya ia berkata bahwa NCI Amerika telah menentukan tahun 2000 untuk mencapai tujuan mengurangi kematian akibat kanker sampai 50%. Menurut Dr. Butram, tujuan ini bisa tercapai jika orang-orang menuruti anjuran dari Lembaga NO Amerika ini, sebagai berikut:

  • Kurangi lemak sampai 30% dari total kalori

  • Tingkatkan makanan serat sampai 20-30 gram perhari, dengan batas paling banyak 35 gram.

  • Jaga berat badan yang ideal

  • Makan lebih banyak buah dan sayur-sayuran.

  • Makanan Vegetarian meningkatkan Daya Tahan


Dr. Per Olof Astrand, seorang ilmuwan Swedia yang kesohor, mengadakan percobaan untuk menentukan makanan yang terbaik bagi para olahragawan. Dengan memilih sembilan atlit untuk percobaannya, iamemberikan mereka makanan-makanan yang berbeda, untuk tiga hari. Makanannya adalah sebagai berikut:

Fase I: makanan campuran yang normal

(daging, kentang, wortel, kol, dan mentega). Para atlit mengayuh pada sepeda-diam untuk rata-rata 114 menit.

Fase II: protein tinggi dan lemak dari hasil hewani

(daging, ikan, mentega dan telur). Mereka bisa mengayuh sepeda-diam selama 57 menit sebelum kelelahan.

Fase III: makanan berkarbohidrat tinggi

(roti, kentang, jagung clan aneka sayuran dan buah-buahan).Mereka sanggup mengayuh sepeda-diam untuk rata-rata sekitar 167 menit.

Dengan kata lain daya tahan mereka hampir tiga kali lipat lebih besar bilamana mereka memakan makanan vegetarian dibanding jika mereka makan daging dan hasil peternakan lainnya.

Schontenden menguji sejumlah mahasiswa Universitas di Brussels untuk membandingkan kekuatan tenaga dari orang-orang yang sama sekali vegetarian melawan orang-orang yang suka makan daging. Para mahasiswa diharuskan mengikuti dua uji fisik:

  • Menekan "ergograph" dengan tangan kanan

  • Mengangkat berat

Hasilnya menunjukkan bahwa para vegetarian mencapai rata-rata 69 angka pada ergograph dan pemakan daging hanya mencapai 38 angka. Vegetarian yang paling kuat mencapai angka 1,457 dalam angkat berat, sedangkan pemakan daging yang paling kuat hanya mencapai angka 1,049. Suatu hal yang mengejutkan ialah bahwa ia mendapati para vegetarian lebih cepat pulih setelah menguras tenaga sehingga lebih siap mengulangi percobaan itu dibanding dengan lawan-lawan mereka.

Tidak heran sebagian besar dari atlit-atlit dunia adalah vegetarian. Apakah rahasia dari kemenangan para atlit ini? Jika seorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat, itu akan diubah menjadi glukosa dan tersimpan di dalam hati (lever) dan otot dalam bentuk glikogen. Banyaknya glikogen pada otot penting untuk mengubah ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP (Adenosine Diphosphate) -yang menghasilkan tenaga. Karena itu, lebih banyak jumlah karbohidrat yang dimakan, lebih banyak tenaga dihasilkan. Daging tidak mengandung karbohidrat sedikitpun. Sebab itu, seorang vegetarian akan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Pedoman bagi suatu Makanan yang terbaik:

• Gunakan ANEKA RAGAM padi-padian (biji-bijian) dan sayur-sayuran.

• Siapkan makanan sesederhana mungkin, namun menarik dan mendatangkan selera. Rebus, bakar atau panggang, gantinya menggoreng. Hindari lemak. Gunakan semua jenis lemak sejarang mungkin (minyak nabati, lebih baik).

Makan Teratur :

Pagi: Makanan yang terbaik dan terbanyak. (sarapan pagi seperti raja)

Siang: Makanan yang kedua terbaik (makan siang seperti pangeran)

Malam: Makanan teringan dari hari itu (makan malam seperti pengemis).

Jangan makan di antara waktu makan

la seorang yang sangat kuat. Tingginya sekitar 180 cm, seorang peternak yang berambut merah. Seorang pekerja keras dan hidupnya pun keras; ayah tiga anak dan suami seorang istri. Dan istrinya memberinya makan apa saja yang ia inginkan. Babi kukus dan telur untuk sarapan pagi, susu asli langsung dari sapi, roti putih bakar atau biskuit, mentega dan kopi. Dan rokok sampai siang, sambil ia bisa menikmati daging sapi dan kentang yang dilembutkan dalam saus yang disegarkan oleh susu asli, tepung dan air daging dari panci daging goreng. Demikian juga makan malam.

Hidup itu menyenangkan! .... Sampai umur 47. Serangan jantungl Dan kemudian lumpuh untuk empat tahun. Empat tahun lamanya takut mati, namun takut akan kehidupannya yang ia ingin hidupkan itu! Lalu, akhirnya, serangan terakhir. Anak-anak baru saja meninggalkan sarang. Dan sekarang ketika mereka baru saja terbangun untuk merasakan kebutuhan akan seorang ayah - tidak ada ayah lagi" Statistik tidak mencatat kesedihan yang mendalam, kekecewaan, harapan yang frustrasi, penderitaan, usaha yang berani untuk menyesuaikan diri dengan kesepian. Sedih. Dan sebenamya keadaan itu bisa lain sama sekali dari itu.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang kita telah perbincangkan dalam risalah ini, anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya secara umum. Dengan mengikuti pedoman rajapangeran-pengemis, kelebihan berat badan anda tidak lagi menjadi masalah. Anda akan tidur lebih nyenyak malam hari jika anda tidak makan makanan berat malam hari yang harus terus dicerna sementara anda tidur. Banyak manfaatnya selain mencegah penyakit, meningkatkan kekuatan. Yang penting ialah, cobalah untuk diri anda sendiri dan temukan betapa hidup anda itu menyenangkan nantinya! Dengan pertolongan Allah, anda dapat melakukannya.

»»  READMORE...

Minuman Sehat, Minuman yang Menyehatkan

Minuman

yang

Menyehatkan

Biasanya, 70% berat manusia adalah berat karena air. Jadi, pada seorang yang beratnya 90 kg, di tubuhnya terdapat 63 kg air. Air sangat perlu untuk setiap bagian tubuh. Hampir semua sel dan jaringan bukan hanya mengandung air tetapi masing-masing secara terus menerus diliputi oleh cairan. Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya. Tidak ada pengganti dari jenis minuman lain yang memberikan pengaruh yang sama seperti segelas air yang dingin dan bersih.

APAKAH BEBERAPA PENGGANTI YANG POPULER YANG KITA MINUM MENGGANTIKAN AIR DI SATU GELAS YANG BESAR?

  • Sirup atau minuman ringan yang mengandung gula yang banyak

  • Minuman yang mengandung kafein sebagai perangsang

  • Cola Cola (40 mg kafein) Pepsi Cola (36 mg kafein) Tea (100 mg kafein) Kopi (120 mg kafein)

  • Kopi "Tanpa Kafein" (18 mg kafein)

Alkohol dengan pengaruhnya yang singkat untuk memberikan perangsaan yang "enak", sebenarnya memberikan pengaruh yang "memblokir" otak bagian depan, yang mengendalikan otak, kuasa berpikir, ingatan, dan pertimbangan. Pengaruh jangka panjangnya ialah kerusakan otak yang tidak dapat diganti, radang/kanker hati, pankreas, dll. Pengaruh sosialnya ialah ketidaksanggupan untuk memelihara hubungan yang intim, terisolasi secara sosial, perubahan terhadap sahabat dan pola hidup, dan kehilangan semangat hidup. Sindrom (geiala) alkohol pada janin yang mengakibatkan kelainan fisik dan mental pada masa pertumbuhon janin disebabkan ibu yang minum minuman keras selama mosa kehamilan.

Tanpa air dalam tubuh, anda tidak bisa menelan. Anda tidak bisa menggunakan oksigen yang anda hirup karena paru-paru perlu dibasahi agar oksigen bisa melewatinya menuju ke saluran darah. Kita akan sulit berbicara dengan lidah kita dan otot pipi kita tidak bisa secara sempurna bergerak seperlunya untuk membentuk kato-kata. Penglihatan kita akan berpengaruh jika sesuatu mengganggu produksi "air mata" atau selaput air yang melapisi mata jika kita berkedip. Tanpa pembasahan ini, mata kita akan kering dan meradang, sangat sakit, sulit membukanya dan akhirnya penglihatan kita akan hilang.

BERAPA BANYAK AIR YANG KITA BUTUHKAN?

Pengeluaran air dari tubuh kita haruslah seimbang dengan pemasukan air.

Pengeluaran Gelas/ hari

Ginjal 5 1/2

Kulit 2

Paru-Paru 1

Kotoran 1 ½

-------------

10

Perlukah kita minum sebanyak itu untuk mengimbangi pengeluaran air itu? Tidak. Tubuh membakar dan memproses makanan untuk memberikan tenaga dan air adalah salah satu yang dihasilkannya.

BERIKUT INI ADALAH JUMLAH AIR YANG DIPEROLEH DARI PROSES METABOLISME TUBUH.

Permasukan Gelas/hari

Air pada makanan yang dimakan 3' /2

Air dari makanan yang diproses tubuh 1

Air yang diminum 5 1/2

------------------

10

Tubuh anda memproses persediaan sampai 4 ½ gelas air, jadi anda perlu minum 5 ½ gels air setiap hari. Namun seorang yang aktif bisa minum lebih banyak untuk mengganti yang hilang melalui keringat atau pada waktu udara pangs. Pedoman yang sangat praktis untuk minum air ialah meminum air seponjang hari, sampai air seni yang keluar jernih atau berwarna kuning yang sangat pucat.

Terlalu sedikit air mengakibatkan dehidrasi. Terlalu banyak air akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi serum sodium (Dilusi hyponotremia). Orang akan menjadi sangat malas/lesu karena delusi hyponotremia ini. Karena itu penting untuk bertarak walaupun dalam hal meminum air.

PENGGUNAAN AIR :

l. Mengendalikan suhu badan. Air memungkinkan tubuh mendinginkan dirinya sendiri melalui penguapan pada kulit- keringat, sehingga mencegah bahaya panas dalam.

2. Sebagai pelumas. Air liur membasahi makanan yang kita makan, membantu kila mengunyah dan menelan. Jika permukaan mata anda tidak disirami dengan cairan, ia akan kering dan meradang.

3. Mengurangi dehidrosi. Air menyirami sel darah secora terus menerus.

4. Mengurangi stress pada sistim sirkulasi (peredaran) dengan menjaga darah dalam keadaan yang tetap seperti biasanya.

5. Kotoran tubuh keluar melalui air kencing, keringat, dll.

6. Air perlu untuk keseimbangan elektrolit di dalam darah kita.

Berikut ini resep dalam menggunakan air.

  • Minum 2 gelas sesaat setelah bangun pagi

  • Minum 2-3 gelas antara sarapan pagi dan makan siang

  • Minum 2-3 gelas antara makan siang dan makan malam

  • Minum 1-2 jam setelah makan dan 10-15 menit sebelum waktu makan

  • Hindari minum air, terutama yang dingin, sementara makan

  • Minuman hangat harus digunakan dengan hati-hati

Diujung bagian bawah perut anda terdapat katup pyloric. Sebenarnya itu bukan katup tetapi otot yang berkontraksi. Jika anda minum air sementara makan, itu mengeluarkan cairan gastrik/perut yang memperlambat pencernaan. Kemudian makanan keluar dari perut, melewati katup pyloric masuk ke dalam usus besar sebelum kegiatan cairan perut itu selesai. Oleh karena enzim perut terus mencerna hanya dengan media asam, kegiatannya perlahan-lahan berhenti setelah memasuki usus kecil di mana koneksi alkalin terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimum, penting juga menghindari cairan yang dingin dan yang panas. Para ahli kimia menekankan bahwa enzim yang terlibat dalam proses pencernaan berfungsi secara maksimal pada suhu badan yang normal. Setiap suhu yang di atas atau di bawah ini akan mengakibatkan berkurangnya kadar pencernaan. Juga diketahui bahwa keluarnya air liur dan cairan yang berlebihan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Perawatan dengan Air atau Hidroterapi

Air baik juga untuk digunakan bagi tubuh sebelah luar. Hidroterapi atau perawatan dengan air adalah satu alat dari Allah yang paling bermanfaat dalam merangsang dan mengatur kegiatan tubuh tanpa mengakibatkan pengaruh yang tidak diperlukan. Hidroteropi mempercepat bukannya menghalangi mekanisme pertahanan alamiah dari tubuh. Jika dilakukan dengan benar. hodroterapi akan membantu tubuh untuk membuang infeksi dan mengurangi pengaruh infeksi tersebut dan menyembuhkan beberapa gejala penyakit.

HASIL-GUNA DARI HIDROTERAPI

Bogian tubuh yang menjadi tempat perawatan hidroterapi ialah kulit, oleh karena di situ terdapat saluran-saluran darah dan saraf yang berhubungan dengan saraf dan saluran darah ke organ-organ tubuh bagian dalam. Penerapan suhu dan mekanis dari air ke kulit menyebabkan gerakan yang berkesinambungan atau mengalirnya darah. Rangsangan sistim saraf ini bisa mempengaruhi hampir semua bagian tubuh.

MANFAAT HIDROTERAPI

  • Sirkulasi dipercepat sampai 400%

  • Sirkulasi darah diperbaiki

  • Bertambahnya sel darah merah

  • Bertambahnya sel darah putih

  • Bertambahnya hemoglobin

  • Bertambaohnya pengoksidasian darah yang menolong PH darah itu imbang, sehingga membakar sisa-sisa makanan dengan balk.

  • Memulihkan kelelahan otot

  • Membantu pencernaan

  • Memulihkan sumbatan-sumbatan

  • Mengurangi radang

  • Alat stimulasi dan penenang

  • Menyenangkan dan murah

*** CARA PERAWATAN HIDROTERAPI:

Ada dua kelas umum yang menghasilkan pengaruh pada tubuh oleh hidrolerapi ini:

1. Memberikan rangsangan dan sebagai obat kuat

2. Menekan dan meredakan

Pengaruh merangsang dan sebagai obat kuat keduanya berhubungan dengan meningkatnya aktifitas yang sangat perlu. Kedua hal ini sama, tetapi berbeda dalam derajatnya. Pengaruh stimulan ini lebih besar dari obat kuat. Suatu perawatan yang singkat dan kuat akan merangsang sedangkan yang kurang kuat dan lebih lama bisa memberikan pengaruh sebagai obat kuat. Di lain pihak, pengaruh sebagai penekan dan pereda adalah berkurangnya kegiatan tetopi juga bisa membuat bertambahnya kegiatan.

****** HIDROTERAPI SETIAP HARI

Hidroteropi yang digunakan secara teratur bisa menolong sistim kekebalan seseorang don penolakon yang kuat terhadop penyakitnyo. Mandi dengan siraman pancuran atas adalah yang paling ampuh dan terbaik dari semua cara obat kuat lainnya. Mulailah mandi-sirom ands dengan suhu sedang/netral (kira-kira 36 derajat celsius). Setelah mandi, tingkotkon suhu panas yang anda bisa teleransi sekitor 48-50 derajat Celsius untuk 1-2 menit. Lulu kurangi suhu sampai dingin (16-18 derajat Celsius ) untuk 20-40 detik. Gosoklah dengan cepat bodan anda dengan handuk don keringkon. Perawatan yang merangsang ini bukan hanya menyegarkan anda tetapi menolong anda tetap kuat sepanjang hari.

Hidroteropi juga bermanfaat dilakukan malam hari sebelum tidur. Jika anda ingin santai dan nyaman, mandilah dengan air suam-suam kuku. Suhu air suam kuku ini ialah angak hangat, jangan panas! Itu membuat nyaman dan menurunkan suhu badan. Itu menolong membuat suhu badan anda turun sedikit sebelum anda pergi tidur.

Air adalah salah satu berkat surgawi yang nyata karena itu memang berasal dari atas! Kita tahu betapa pentingnya minum air secukupnya dan juga betapa itu sangat menolong untuk digunakan di tubuh sebelah luar juga. Air murni tidak mengandung kalori, tanpa vitamin atou mineral, jadi itu bukanlah zat bergizi, tetapi sangat penting untuk hidup. Kita bersyukur kepada Allah atas pemberian air yang sangat mudah dan berlimpah yang ia sediakan bagi kita untuk kita gunakan setiap hari.

»»  READMORE...

Pengertian Makanan Sehat


makanan sehat adalah makanan yang mengandung tri guna makan apa yang dimaksut dengan triguna makan itu ? triguna makan adalah makanan yang mengandung tiga kegunaan makanan yaitu 1. sebagai zat pembangun 2. sebagai zat pengatur 3. sebagai zat ten
»»  READMORE...

Jenis Makanan Sehat Menurut Komposisi Makanan Sehat

JENIS MAKANAN BERDASARKAN KOMPOSISI MAKANAN SEHAT

KARBOHIDRAT
6 bulan: tepung beras, tepung maizena, biskuit,
Berangsur-angsur minggu per minggu : kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti, oat meal, nasi (bubur atau tim)
Cara masak:
tepung dimasak dengan air sampai matang baaru masukkan susu (formula atau ASI)Kentang, ubi, jagung manis disisir, dikukus. Haluskan, campurkan susu, tambahkan parutan kejuRoti tambaah susu, blenderOat meal dimasak dengan air sampai lembut. Matikan api masukkan susu

PROTEIN – LEMAK
6-8 BULAN: Susu, yoghurt, kuning telur (ambil setelah telur direbus), keju parut, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, ayam cincang (tanpa kulit), daging cincang (pilih daging tanpa lemak, cincang sendiri), ati

Usia 9 Bulan :

IKAN :

Cara masak:
Yoghurt dimakan dengan buah
Ayam/daging dan tahu tempe dimasak bersama makaroni atau dikukus, campurkan dengan kentang, jagungMakan disertai sup. Buat sup bening biasa (ayam/daging), sup krim jagung, sup kacang merah/hijau, blender, campur susu.

VITAMIN – MINERAL

BUAH :

pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, alpukat

SAYUR:
Usia 6 Bulan :

kacang polong, wortel, brokoli, bayam, labu siam, kangkung, buncis, kembang kol, sawi hijau

Cara masak:
Pear, apel, dikukus
Sayur dikukus, dihancurkan, atau di blender

MAKANAN PADA KONDISI KHUSUS
Diare: makanan tanpa sayur (tanpa serat) 2-3 hari
Muntah: makanan volume lebih sedikit tetapi lebih sering. Kalau perlu susu diencerkan sedikit (supaya tidak mual)
Panas dan pasien tak mau minum atau seriawan: susu agak diencerkan, air buah, jus buah agak kental buat sebagai es batu. Kalau di atas 6 bulan, bubur kacang hijau dengan susu, blender, buat es. Fruit milk shake – buah dengan es krim vanilla dan susu, diblender (kalori besar, sama dengan satu mangkok nasi). Puding dingin dengan susu dan telur kuning. CONTOH MENU Minggu awal saat usia 6 bulan: tepung beras, alpukat, biskuitbubur tepung susu ini bisa diberi rasda dengan menambahkan buah atau keju parut labu kuning, apel, tepung maizena, dst, dstUsia 6 bl minggu berikutnya : oat meal, buah, kentang, kentang, buah, nasi tim (sayur jangan dicampur) ubi, buah, makaroni dst dst

»»  READMORE...

Kenali Makanan dan Minuman Sehat

Kenali Makanan dan Minuman Berbahaya Secara Mudah.
Makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama manusia guna menjaga kesehatan serta meneruskan keberlangsungan hidup. Akan tetapi makanan dan minuman yang diolah secara tidak benar justru dapat menjadi racun dalam tubuh kita.
gambar belanja di pasarKita dapat dengan mudah mengenali makanan dan minuman yang berbahaya dan yang aman dari berbagai sudut yakni warna, kandungan boraks, kandungan formalin, daging gelonggongan, ayam tiren, ikan busuk,makanan kaleng,dan bahaya makanan yang dikemas di dalam plastik.

Untuk boraks, dapat diamati dari bakso, kalau kenyal, terkadang tanpa di sadari, kita sangat tertarik mengkonsumsi makanan yang berwarna mencolok, padahal sebenarnya justru seharusnya perlu mencurigai makanan tersebut. Ini bisa kita temui pada saos, warna yang meninggalkan bekas pada tangan memungkinkan warna yang digunakan adalah pewarna tekstil, bayangkan jika zat tersebut masuk ke dalam tubuh akan sangat berbahaya dan menjadi penyebab kanker.

Begitu hal nya dengan bakso, Kalau kenyal atau mudah dipantulkan seperti memantulkan bola karet di tanah, maka bakso tersebut banyak mengandung boraks atau bisa juga di kenali dengan cara jika digigit akan kembali kebentuk semula.

Kemudian Tahu merupakan makanan murah meriah, tapi makanantahu yang terlalu keras bukan berarti tahu yang bagus untuk dikomsumsi, perlu dicurigai bahwa tahu tersebut terlihat keras karna mengandung formalin.

Bukan itu saja ayam yang di perdagangkan sudah dalam keadaan bersih atau sudah menjadi daging. Biasanya ayam yang terlihat segar berwarna agak kekuning-kuningan, kalau warnanya putih bersih justru dimungkinkan dari bekas ayam mati, apalagi kalau ada warna biru seperti bekas memar serta bau sangat amis jadi perlu dengan teliti dalam memilih daging ayam.
Sedapat mungkin jangan membeli ayam yang sudah diawetkan dengan es bisa diperkirakan sudah bertahan beberapa hari lamanya.

Ada pula daging ayam yang direndam formalin agar awet. Kita dapat mengenali daging ayam berformalin dengan menekan atau mendorongnya dengan jari telunjuk. Kalau keluar lendir atau air berarti pernah direndam dengan formalin.

Selanjutnya cara untuk mengenal ikan yang sudah busuk, dimana seolah olah terlihat masih segar, bila kita tekan justru lembek, warna insang tampak merah tua, atau mata ikan justru terlihat bening, maka cirinya ikan itu busuk atau diberi formalin. Hati-hati belanjanya.

Hindari membeli makanan kaleng yang kemasan kalengnya sudah penyok.
Kaleng yang penyok akan mengubah konsentrasi di dalam kemasan, karena kaleng penyok dapat mengandung bahan berbahaya akibat adanya kandungan botulimun atau bahan dasar kosmetik.

Biasanya snack atau makanan ringan yang banyak disukai anak-anak, perlu dilihat komposisi zat warna-nya dan nomor registrasi. Jangan menyodorkan makanan yang berwarna sangat mencolok pada anak-anak, karna di duga zat warna yang di pergunakan akan sangat berbahaya pada pertumbuhan dan dapat menjadi racun di dalam tubuh.

Satu lagi bahaya yang sering tidak disadari adalah kemasan dari plastik, styrofoam, dan melamin. Kalau kemasan itu diisi dengan makanan panas, teh panas, dan makanan atau minuman serba panas akan dapat menyebabkan kanker karna akibat adanya panas maka besar kemungkinan kemasan plastik tersebut juga mengeluarkan styrofoam, dan melamin yang otomatis tercampur kedalam makanan.

Nah…., demikian sedikit kita kenali memilih cara gampang dalam mempertahankan kesehatan dengan mengkomsumsi makanan yang sehat pula.
»»  READMORE...

Pengertian Makanan Bergizi adalah

Masyarakat sehat, Negara pun sehat.., didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat propaganda yang harus perlu disimak dan direnungkan.Di Negeri Indonesia bagian Timur masih ada dijumpai masyarakat yang kekukurangan gizi, untuk itu penulis Elisabet Simanjuntak Asisten Apoteker, sangat prihatin terhadap masyarakat yang kurang mengerti dan memahami apa itu fungsinya gizi didalam tubuh kita masing-masing.
Maka pada kesempatan ini melalui web site Bersamatoba dot Com, penulis akan mensosialisasikan pentingnya memahami gizi yang terkandung di dalam makanan.

Makanan bergizi adalah makanan yang cukup kwalitas dan kawantitasnya serta mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.
Sebelum memilih menu makanan ada baiknya diketahui kandungan makanan tersebut bukan hanya sekedar membuat perut kenyang, akan tetapi makanan adalah dikatakan sehat jika makanan itu mengandung protein karbohidrat, miniral, lemak, dan bervitamin.

Makanan yang sehat sangatlah berguna untuk membina tubuh bahkan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak, dilain hal makanan juga akan menghasilkan panas dan energi didalam tubuh kita.
Protein, Mineral, air, makanan yang mengandung unsur ini berperan penting didalam membangun sel jaringan tubuh, kemudian karbohidrat dan lemak unsur yang berguna untuk memberi tenaga sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari.
Vitamin dan Mineral juga sangat penting bagi tubuh, unsur ini berperan dalam pengatur pekerjaan jaringan tubuh.
Unsur-unsur makanan yang dikomsumsi seharusnya diperhatikan jumlah keseimbangannya sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang.

Seperti kita ketahui bersama-sama, istilah empat sehat lima sempurna pada saat ini tidak dipopulerkan lagi, lantaran masyarakat banyak yang salah mengartikan dengan istilah tersebut, dianggap makanan pokok adalah yang paling penting dengan mengabaikan makanan tambahan, sumber bahan makanan yang memberikan panas dan energi dalam tubuh adalah makanan yang mengandung Karbohidrat, dapat kita jumpai pada beras, jagung, kentang, dan ubi.
Sedangkan Protein dapat dijumpai seperti pada protein hewani misalnya pada makanan ikan, daging dan telur sedangkan Protein Nabati terdapat pada tumbuh-tumbuhan yakni tahu, tempe dan kacang-kacangan

Diketahui bahwa protein harus ada dalam setiap makanan lantaran sangat diperlukan oleh tubuh, terkadang didalam satu makanan kandungan proteinya sering kali tidak lengkap makanya kita sangat perlu memakan makanan yang bermacam-macam.

Bukan itu saja, lemak juga berguna untuk penghasil panas dan energi seperti sama halnya dengan karbohidrat karena lemak dapat disimpan dalam tubuh sebagai cadangan persediaan energi, dan lemak makanan dapat dijumpai pada hewan, susu, keju, dan kuning telur, ada juga dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak kelapa, kacang serta jagung.

Kesemuanya unsur-unsur makanan yang kita paparkan diatas, tidak terlepas dari salah satu yang paling berguna didalam tubuh yakni, air yang tidak boleh dilalaikan dengan kandungan air dalam tubuh, sedapat mungkin harus dapat dipertahankan agar air yang masuk sesuai dengan yang keluar.
Didalam tubuh air sangat berguna sebagai pelarut membantu proses kimiawi saluran pencernaan, mempertahankan konsentrasi garam dalam jaringan tubuh.

Oleh karena itu betapa pentingnya tubuh, mengkomsumsi makanan yang bergizi dan mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun makan itu tidak harus mahal.

Semoga.. masyarakat kita memahami fungsi gizi yang kami paparkan diatas, lantaran kesehatan adalah harta yang paling mahal..! yang tidak ternilai harganya.

»»  READMORE...

10 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Menjaga Kesehatan

Brokoli (resimlerim.info)
Kita tentu akan sulit mengetahui atau memperoleh makanan sehat dan baik bagi tubuh apabila kita tak tahu secara spesifik gizi yang dikandung makanan tersebut. Mengosumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin akan lebih baik daripada kita mendapatkan vitamin dari suplemen.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui makanan apa yang baik dan sehat bagi tubuh kita serta tak mengganggu diet kita. Makanan ini membantu kita untuk menjaga fisik dan juga dapat mencegah kita dari penyakit.

- Kentang manis. Kentang manis merupakan makanan yang memiliki gizi yang baik. Kentang manis mengandung antioksidan, beta karoten, zat besi dan vitamin B6 dan mengandung serat. Nutrisi yang ditemukan di kentang ini dapat mencegah kanker dan juga penyakit lainnya seperti jantung.

- Bayam. Sayuran berwarna hijau ini mengandung karotenoid, zeazanthin dan juga kalsium yang bagus untuk tulang serta vitamin K.

- Brokoli. Brokoli memang baik bagi tubuh. Brokoli mengandung kalsium, vitamin A dan C. Brokoli dapat membantu daya ingat serta untuk mencegah kanker payudara.

- Blueberri. Blueberri sangat kaya akan antioksidan seperti beta karotin, vitamin A, C dan E serta kaya akan serat.

- Bawang. Bawang mengandung banyak nutrisi penting seperti potassium, kalsium, zat besi dan vitamin C. Bawang membantu untuk mencegah kanker.

- Tomat. Tomat mengandung banyak vitamin C.

- Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung serat untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga kaya akan protein dan zat besi.

- Kismis. Kismis kaya akan zat besi, potassium, vitamin A dan juga serat yang tinggi serta selenium.

- Salmon. Ikan ini memang makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Salmon dan juga ikan Tuna mengandung omega-3, protein dan asam amino, kolesterol pada salmon juga lebih rendah.

- Susu skim. Susu ini mengandung vitamin B2 dan juga vitamin A yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Susu skim juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi.
»»  READMORE...